Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud September - Desember 2020

Cara Mendapatkan Kuota Gratis

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kuota internet gratis kepada Guru dan siswa serta mahasiswa dan dosen dengan mengakses Dapodik.

Kemendikbud memberikan kuota gratis ini untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ).

Jadi kuota gratis ini akan langsung diberikan ke nomor ponsel siswa dan guru serta mahasiswa dan dosen.

Ini merupakan kabar yang sangat menggembiran bagi para guru dan siswa serta mahasiswa dan dosen, karena kuota gratis ini diberikan selama empat bulan dari bulan September hingga Desember 2020.

Setiap bulannya para siswa akan memperoleh kuota sebesar 35 GB, guru 42 GB, sedangkan mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB.

Berikut ungkapan dari Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Sutanto, di Jakarta Kamis (27/8/2020).

"Kami mohon agar sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru, dan segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik),"

"Pemerintah membantu memberikan kuota internet, sehingga nantinya yang diberikan tidak dalam bentuk uang."

Apa Itu Dapodik ?


Data Pokok Pendidikan atau Dapodik merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Aplikasi ini berfungsi untuk menjaring data pokok pendidikan (Satuan Pendidikan, Peserta Didik serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan yaitu BOS, Bansos, Tunjangan, UN, dan lain-lain.

Untuk mendownload aplikasi Dapodik silahkan klik disini. Dan panduan pengisian data di aplikasi Dapodik versi 2021 silahkan klik disini.

Anggaran dari Kemendikbud yang dialokasikan untuk subsidi kuota internet gratis untuk para guru, siswa, mahasiswa dan dosen adalah sebesar Rp 8,9 triliun.

Kuota Belajar Telkomsel 10GB Harga Hanya Rp10


Selain kuota gratis dari Kemendikbud, pelajar juga bisa mengakses kuota murah dari Telkomsel yakni 10GB dengan harga Rp10.

Kuota Belajar adalah layanan kuota gabungan antara ilmupedia dan Conference yang dapat Anda gunakan untuk mengakses aplikasi atau website edukasi dalam proses belajar mengajar.

Dikutip dari website resmi Telkomsel, pelajar bisa mendapatkan layanan Kuota Belajar pada:
  • Paket Internet 10GB Kuota Belajar Rp10 di MyTelkomsel atau UMB *363*844#;
  • Kartu Perdana 10GB Kuota Belajar Rp10 (hanya berlaku untuk kartu perdana bertanda Kuota Belajar);
  • Paket Renewal 11GB (Kuota Internet 500MB + Kuota Chat 500MB + Kuota Belajar 10GB) Rp5.000 (berlaku untuk sekali pembelian dan dapat diaktifkan oleh nomor kartu perdana bertanda Kuota Belajar);
  • Paket pada kartu perdana InternetMax, UnlimitedMax, dan Paket Internet OMG! dengan tambahan Kuota Belajar sebesar 30GB.

Kuota ini hanya berlaku pada kartu perdana bertanda Kuota Belajar, dengan detail sebagai berikut:
  • Paket hanya berlaku untuk kartu perdana bertanda Kuota Belajar;
  • Paket hanya dapat digunakan sekali (pelanggan yang sudah membeli paket 10GB ilmupedia Rp10 tidak dapat membeli paket ini);
  • Paket berlaku untuk 30 hari Kuota Belajar 10GB dapat digunakan untuk mengakses layanan ilmupedia dan Conference Telkomsel;
  • Periode program berlaku dari tanggal 21 Agustus sampai 31 Desember 2020.

Demikianlah ulasan dari saya tentang bagaimana cara memperoleh kuota gratis dari kemendikbud dari bulan September hingga Desember 2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud September - Desember 2020"

Posting Komentar