6 Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa Ramadhan 2019

Awal puasa ramadhan 2019 / 1440 H dipastikan jatuh pada hari senin tanggal 6 Mei 2019. Puasa merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim untuk menahan hawa nafsu, serta seseorang dilarang untuk makan dan minum dari waktu yang sudah ditentukan yaitu mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Dengan kesimpulan bahwa sekitar selama setengah hari lebih tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan atau pun cairan. Jadi di hari-hari pertama berpuasa tubuh kita pasti akan kaget karena mengalami penyesuaian-penyesuaian pola makan kita dari hari sebelumnya.

Lalu, bagaimana agar tubuh kita tidak kaget menghadapi puasa? Oke tenang saja karena Arifega.net akan memberikan sedikit tips agar tubuh tidak kaget nantinya. Seorang ahli diet lulusan Unuversitas Amerika Beirut, Racha Adib menyebutkan bahwa ada enam cara atau tips untuk mempersiapkan tubuh agar tidak kaget dalam menghadapi puasa ramadhan sebulan penuh. Selengkapnya silahkan anda simak tips-tipsnya dibawah ini.

Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa

6 Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa Ramadhan


1. Makan Sedikit Namun Sehat. Kebanyakan orang berpikir disaat menjelang puasa ramadhan datang, pasti akan makan sesuatu apapun yang di inginkan. Dengan asumsi bahwa mumpung masih belum berpuasa jadi kita harus makan sepuas-puasnya. Nah, perilaku yang demikian ini makan akan menjadikan nafsu makan kita semakin meningkat dan membuat puasa jadi lebih sulit.

Terus yang benar bagaimana? Jadi disaat puasa akan tiba kita disarankan untuk mengurangi porsi makan, agar tubuh menjadi terbiasa dengan makanan dan kalori yang lebih sedikit. Dan juga hindari makanan berat, garam, dan gula yang bisa memicu reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh.

2. Berhenti Ngemil. Jadi mulai sekarang anda harus membiasakan diri makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan malam. Hindari agar tidak ngemil di antara keduanya. Karena selama puasa ramadhan kita hanya bisa menikmati dua kali makan utama, sahur dan berbuka. Dengan begitu kita hanya perlu mengurangi satu makanan saja.

3. Mengurangi Asupan Kafein. Nah pada poin ketiga ini harus anda perhatikan bagi para pecinta kopi, anda harus mengurangi asupan kafein agar terhindar dari sakit kepala dalam beberapa hari pertama berpuasa di bulan ramadhan 2019. Jadi perlu upaya yang sistematis untuk hal yang satu ini, agar kita bisa minum kopi tanpa kafein.

4. Mengurangi Merokok. Para pecandu rokok atau 'ahli hisab' mulai saat ini menjelang bulan ramadhan sudah harus mengurangi aktivitas merokok pada siang hari. Sehingga ketika berpuasa sudah terbiasa tidak merokok terutama di siang hari. Biasanya para perokok akan mengalami hal yang buruk manakala tidak siap dalam menghadapi puasa di bulan ramadhan. Yaitu diantaranya mudah marah, tidak sabar, gelisah, dan sulit bisa konsentrasi pada saat berpuasa.

5. Tidur Teratur. Gaya hidup dan pola makan selama bulan ramadhan pasti akan mengalami perubahan. Jadi disarankan agar kita bisa mengatur pola tidur di bulan ramadhan sesuai aktivitas anda. Misalnya tidur lebih awal dari sebelumnya, dan bangun untuk sahur. Lalu menjalani aktivitas sehari-hari dan tidur sebentar di siang hari. Jadi mulai hari ini anda harus bisa negatur pola tidur anda.

6. Periksa ke Dokter. Tips yang keenam ini khusus bagi anda yang mempunyai masalah dengan kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau lainnya karena khawatir tidak sanggup berpuasa. Maka disarankan periksalah ke dokter agar anda bisa bertanya-tanya perihal masalah keamanan kesehatan anda di saat berpuasa di bulan ramadhan.


Itulah beberapa 6 Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa Ramadhan. Jika keenam cara diatas sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka transisi tubuh kita akan berjalan dengan lancar di hari-hari pertama berpuasa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, dan ucapkan terimakasih.

0 Response to "6 Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa Ramadhan 2019"

Posting Komentar